Seharian di kawasan Kota Tua: destinasi dan rincian biayanya

Kota Tua Jakarta adalah salah satu destinasi wisata yang paling populer di ibu kota Indonesia. Kawasan ini dipenuhi dengan bangunan-bangunan bersejarah yang menceritakan masa lalu kota Jakarta. Jika Anda ingin menghabiskan seharian di Kota Tua, berikut adalah beberapa destinasi yang bisa Anda kunjungi beserta rincian biayanya.

1. Museum Fatahillah
Museum Fatahillah adalah salah satu museum terkenal di Kota Tua yang berlokasi di Gedung Batavia. Museum ini memiliki koleksi artefak dan benda-benda bersejarah yang berasal dari masa penjajahan Belanda. Biaya masuk ke Museum Fatahillah sebesar Rp 5.000 untuk warga negara Indonesia dan Rp 20.000 untuk wisatawan asing.

2. Museum Bank Indonesia
Museum Bank Indonesia terletak di dekat Museum Fatahillah dan menawarkan koleksi sejarah perbankan di Indonesia. Anda bisa melihat berbagai macam uang kertas dan koin yang pernah beredar di Indonesia. Biaya masuk ke Museum Bank Indonesia sebesar Rp 5.000 untuk warga negara Indonesia dan Rp 20.000 untuk wisatawan asing.

3. Menara Syahbandar
Menara Syahbandar adalah mercusuar yang dibangun pada abad ke-19 dan menjadi salah satu landmark terkenal di Kota Tua. Anda bisa menaiki tangga menuju puncak mercusuar dan menikmati pemandangan Kota Tua dari ketinggian. Biaya masuk ke Menara Syahbandar sebesar Rp 10.000 untuk warga negara Indonesia dan Rp 30.000 untuk wisatawan asing.

4. Taman Fatahillah
Taman Fatahillah adalah taman yang terletak di depan Museum Fatahillah dan menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat setelah berkeliling Kota Tua. Anda bisa duduk-duduk sambil menikmati suasana kawasan bersejarah ini. Tidak ada biaya masuk untuk masuk ke Taman Fatahillah.

5. Kuliner Kota Tua
Setelah lelah berjalan-jalan, Anda bisa mencoba berbagai kuliner khas Kota Tua seperti kerak telor, soto betawi, dan es campur. Harga makanan di warung-warung di sekitar Kota Tua bervariasi mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per porsi.

Jika Anda ingin menghabiskan seharian di Kota Tua, diperkirakan biaya yang diperlukan sekitar Rp 50.000 hingga Rp 100.000 tergantung dari destinasi yang Anda kunjungi dan makanan yang Anda konsumsi. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen berharga Anda di Kota Tua Jakarta. Selamat berwisata!