Perdokhi beri kiat terhindar dari serangan panas selama ibadah haji

Perdokhi adalah musim panas yang sangat panas di Arab Saudi, dan seringkali menjadi momok bagi para jamaah haji yang sedang menjalankan ibadah haji di tanah suci. Panas yang terik dan cuaca yang kering dapat membuat kondisi kesehatan para jamaah menjadi terancam, terutama apabila tidak diantisipasi dengan baik.

Untuk itu, sangat penting bagi para jamaah haji untuk selalu menjaga kesehatan dan mengambil langkah-langkah preventif untuk terhindar dari serangan panas selama menjalankan ibadah haji. Berikut ini beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk menghindari serangan panas selama ibadah haji:

1. Minum air yang cukup
Panas yang terik dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga sangat penting bagi para jamaah haji untuk selalu minum air yang cukup. Pastikan untuk membawa botol air minum dan selalu minum air setiap saat, terutama saat berada di luar ruangan.

2. Menghindari sinar matahari langsung
Hindari berada di bawah sinar matahari langsung terlalu lama, terutama pada saat siang hari ketika suhu udara sangat tinggi. Gunakan payung atau topi untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari langsung.

3. Menggunakan pakaian yang nyaman
Pilihlah pakaian yang nyaman dan berbahan adem, sehingga dapat membantu menjaga suhu tubuh tetap stabil. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau berbahan sintetis yang dapat membuat tubuh menjadi panas.

4. Istirahat yang cukup
Jangan terlalu banyak beraktivitas di bawah terik matahari, dan pastikan untuk selalu istirahat yang cukup. Jika merasa lelah atau kelelahan, segera istirahat dan jangan memaksakan diri.

5. Mengonsumsi makanan yang sehat
Pilihlah makanan yang sehat dan bergizi, serta hindari makanan yang terlalu pedas atau berlemak. Konsumsi buah-buahan segar dan sayuran untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dengan mengikuti kiat-kiat di atas, para jamaah haji diharapkan dapat terhindar dari serangan panas selama menjalankan ibadah haji di Arab Saudi. Selalu jaga kesehatan dan selalu berdoa agar ibadah haji berjalan lancar dan diterima oleh Allah SWT. Semoga menjadi jamaah haji yang sehat dan kuat dalam menjalankan ibadah haji. Amin.