Perbedaan sunscreen dan sunblock, jangan sampai salah pilih

Saat ini, banyak orang yang mulai menyadari pentingnya melindungi kulit mereka dari sinar matahari. Salah satu cara yang paling efektif untuk melindungi kulit dari sinar UV adalah dengan menggunakan produk tabir surya. Namun, seringkali orang masih bingung antara sunscreen dan sunblock. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Sunscreen dan sunblock sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu melindungi kulit dari sinar UV. Namun, perbedaan utama di antara keduanya terletak pada cara kerjanya. Sunscreen bekerja dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, sedangkan sunblock bekerja dengan menghalau sinar UV agar tidak masuk ke dalam kulit.

Sunscreen umumnya lebih ringan dan mudah meresap ke dalam kulit, sehingga cocok digunakan sehari-hari. Selain itu, sunscreen juga biasanya memiliki kandungan bahan kimia yang dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Namun, bagi orang dengan kulit sensitif, sunscreen seringkali dapat menyebabkan iritasi atau alergi.

Sementara itu, sunblock memiliki tekstur yang lebih tebal dan biasanya mengandung bahan kimia yang lebih kuat untuk melindungi kulit dari sinar UV. Sunblock cenderung lebih tahan air dan lebih efektif dalam melindungi kulit dari sinar UVB. Namun, sunblock juga seringkali meninggalkan residu putih pada kulit setelah pengaplikasian.

Dengan demikian, sebelum memilih produk tabir surya yang tepat, penting untuk memahami perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit dan aktivitas sehari-hari Anda. Jangan sampai salah pilih, karena melindungi kulit dari sinar UV adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan kulit Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam memilih produk tabir surya yang sesuai.