Parade Lenggak Lenggok mewarnai kemeriahan Festival Batanghari

Parade Lenggak Lenggok mewarnai kemeriahan Festival Batanghari

Setiap tahunnya, Festival Batanghari merupakan acara yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat di sekitar sungai Batanghari. Acara ini selalu diadakan untuk merayakan keberagaman budaya dan tradisi yang ada di daerah tersebut. Salah satu acara yang paling dinantikan dalam Festival Batanghari adalah Parade Lenggak Lenggok.

Parade Lenggak Lenggok merupakan acara di mana masyarakat setempat berpartisipasi dengan berjalan beriringan sambil menari dan berdandanan. Para peserta parade mengenakan pakaian tradisional yang berwarna-warni dan memainkan alat musik tradisional seperti rebana dan gendang. Mereka juga membawa berbagai macam hiasan dan payung yang dihiasi dengan motif-motif khas daerah tersebut.

Selama parade berlangsung, masyarakat sekitar sungai Batanghari turut meramaikan acara dengan berteriak dan bersorak sorai. Mereka juga ikut menari dan bergabung dengan para peserta parade. Suasana kemeriahan dan kegembiraan terasa begitu kuat di sepanjang jalur parade.

Parade Lenggak Lenggok tidak hanya menjadi sarana hiburan semata, namun juga menjadi ajang untuk memperkenalkan budaya dan tradisi daerah kepada masyarakat luas. Melalui parade ini, generasi muda dapat belajar dan melestarikan warisan budaya yang telah ada sejak zaman dulu.

Festival Batanghari dengan Parade Lenggak Lenggoknya telah berhasil menjadi salah satu acara budaya yang patut bangga. Semoga acara ini terus dapat diadakan setiap tahunnya dan semakin banyak masyarakat yang turut serta dalam memeriahkan festival ini.