Dokter: Anak dengan alergi susu sapi tak boleh diberi susu kambing

Anak dengan alergi susu sapi merupakan kondisi yang cukup umum terjadi di kalangan anak-anak. Alergi tersebut dapat menyebabkan berbagai macam gejala seperti ruam kulit, muntah, diare, hingga kesulitan bernapas. Sebagai orangtua, penting bagi kita untuk memahami kondisi anak kita dan memberikan perawatan yang tepat.

Salah satu alternatif yang sering digunakan oleh orangtua anak dengan alergi susu sapi adalah memberikan susu kambing. Namun, sebaiknya kita berhati-hati dalam memberikan susu kambing kepada anak dengan alergi susu sapi. Meskipun susu kambing memiliki komposisi yang berbeda dengan susu sapi, namun masih terdapat kemungkinan bahwa anak tersebut juga alergi terhadap protein yang terdapat dalam susu kambing.

Dokter spesialis anak Dr. Siti menjelaskan bahwa anak dengan alergi susu sapi sebaiknya tidak diberikan susu kambing tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. “Meskipun susu kambing memiliki protein yang berbeda dengan susu sapi, namun masih terdapat kemungkinan bahwa anak tersebut juga alergi terhadap protein yang terdapat dalam susu kambing. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak sebelum memberikan susu kambing kepada anak dengan alergi susu sapi,” ujar Dr. Siti.

Selain itu, Dr. Siti juga menyarankan untuk memperhatikan gejala yang muncul setelah anak mengkonsumsi susu kambing. Jika terdapat reaksi alergi seperti gatal-gatal, ruam kulit, muntah, atau diare, segera hentikan pemberian susu kambing dan segera konsultasikan dengan dokter.

Sebagai orangtua, kita harus selalu berhati-hati dalam memberikan makanan kepada anak, terutama anak dengan kondisi alergi. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum memberikan makanan atau minuman yang berbeda dari biasanya. Kesehatan anak merupakan prioritas utama, dan kita sebagai orangtua harus selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi mereka.