Ahli rekomendasikan lansia banyak konsumsi makanan berprotein

Menurut para ahli kesehatan, salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan lansia adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein. Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kekuatan otot, menjaga kesehatan tulang, dan mendukung proses penyembuhan luka.

Lansia cenderung mengalami penurunan massa otot dan kekuatan tubuh seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, konsumsi protein yang cukup sangat penting bagi lansia untuk menjaga kesehatan otot dan menjaga kekuatan tubuh.

Beberapa sumber protein yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh lansia adalah daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan, susu, dan produk olahan susu seperti yogurt dan keju. Selain itu, lansia juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino esensial, seperti asam amino lisin dan metionin, yang penting untuk membangun jaringan otot dan menjaga kesehatan tubuh.

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi protein yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti gangguan ginjal dan masalah pencernaan. Oleh karena itu, lansia disarankan untuk mengonsumsi protein dalam jumlah yang seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh mereka.

Selain mengonsumsi makanan yang kaya protein, lansia juga disarankan untuk tetap aktif secara fisik dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau berenang. Aktivitas fisik dapat membantu menjaga kekuatan otot, meningkatkan keseimbangan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung.

Dengan mengikuti anjuran para ahli kesehatan dan mengonsumsi makanan yang kaya protein, lansia dapat menjaga kesehatan tubuh mereka dan menjalani kehidupan yang lebih sehat dan aktif di masa tua. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para lansia dan keluarga mereka dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka.