7 Manfaat baking soda yang tidak banyak diketahui orang

Baking soda atau natrium bikarbonat adalah bahan yang sering digunakan dalam kegiatan memasak dan membersihkan rumah. Namun, tahukah Anda bahwa baking soda memiliki manfaat lain yang tidak banyak diketahui orang? Berikut adalah 7 manfaat baking soda yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Menghilangkan bau mulut
Baking soda dapat digunakan sebagai obat kumur alami untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Campurkan setengah sendok teh baking soda dengan segelas air hangat dan berkumurlah dengan larutan tersebut selama beberapa menit sebelum berkumur dengan air biasa.

2. Memutihkan gigi
Baking soda juga dapat digunakan sebagai pengganti pasta gigi untuk memutihkan gigi secara alami. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta yang kental, lalu gunakan pasta tersebut untuk menyikat gigi seperti biasa.

3. Menyembuhkan jerawat
Baking soda memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mengeringkan jerawat. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu oleskan pasta tersebut pada jerawat dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air.

4. Menghilangkan bau badan
Baking soda dapat digunakan sebagai deodoran alami untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu oleskan pasta tersebut pada ketiak dan biarkan hingga kering sebelum membersihkannya dengan air.

5. Menghilangkan ketombe
Baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu pijatkan pasta tersebut pada kulit kepala sebelum membilasnya dengan air.

6. Membantu pencernaan
Baking soda dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti maag dan mulas. Campurkan setengah sendok teh baking soda dengan segelas air hangat dan minumlah larutan tersebut secara perlahan untuk meredakan gejala pencernaan yang tidak nyaman.

7. Menghilangkan noda pada pakaian
Baking soda dapat digunakan sebagai agen pemutih alami untuk menghilangkan noda pada pakaian. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu oleskan pasta tersebut pada noda pada pakaian sebelum dicuci seperti biasa.

Itulah 7 manfaat baking soda yang mungkin belum banyak diketahui orang. Dengan manfaat yang begitu beragam, baking soda dapat menjadi salah satu bahan yang sangat berguna untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, jangan ragu untuk mencoba manfaat baking soda untuk kesehatan dan kebersihan Anda!